KEBENARAN, KEJUJURAN, DAN KEADILAN MENJADI SEBUAH ALAT PEMICU DALAM MASYARAKAT


Oleh: A. G
Pendidikan merupakan suatu sarana dan prasarana yang mana akan memberikan sebuah pengalaman dan pengetahuan yang baik kepada murid-murid, yang mana dengan sungguh-sungguh dan memunyai keinginan utnuk  berusaha dan berjuang atas cita-cita dan harapan yang besar. Dengan melalui pendidikan ini pun, akan terbentuk sebuah  karakter kepribadian seseorang yang nantinya akan berusaha demi meningkatkan kebenaran dan kejujuran dalam masyarakat.
Tentunya, perluh adanya motivasi dan atau dorongan oleh pihak-pihak tertentu, baik dari orang tua, guru dan teman sepermain, sehingga motivasi dapat berkembang, juga dirasakan dalam batin seseorang, agar tujuan yang ingin dicapai benar-benar dan sungguh-sungguh memuaskan dalam hidup pribadi.
Akibat dari hal demikian, pendidikan dapat menciptakan generasi muda dan sekaligus menciptakan karakter kepribadian seseorang yang bagus dan baik, sehingga dalam membangun bangsa dan Negara yang baik akan dirasakan ketika kita berperan penting dalam masyarakat yang mana akan terlihat kebenaran, keadilan dan kejujuran dalam masyarakat.
Dengan demikian, upaya untuk menciptakan kebenaran dalam masyarakat perluh adanya rasa Nasionalisme dan Patriotisme, sehingga benar-benar menjadi darah daging terhadap kebenaran. Selain itu pula akan terbentuk karakter bangsa yang bernilai moral dan bernilai positif demi memperjuangkan kebenaran.
Oleh karena itu, tugas kami sebagai pelajar ialah berjuang dengan penuh semangat dan menanamkan rasa Nasionalisme yang besar akan kebenaran, keadilan dan kejujuran dalam masyarakat. Selain itu juga, perluh memberikan contoh yang baik kepada mereka yang belum mengerti akan kebenaran sehingga mereka sungguh-sungguh siap untuk memperjuangkan tentang kebenaran dalam masyarakat.
Selain itu juga, kita harus melawan mereka dengan keadilan, kejujuran dan kebenaran jangan kita melawan mereka dengan kekerasan, karena melawan dengan kekerasan akan tercipta penyelewengan dan menciptakan konflik yang akan membawa dampak negatif terhadap masyarakat.
Maka, kita sebagai pelajar jangan merasa bimbang dengan ancaman-ancaman yang datang dari luar, akan tetapi kita menerima itu sebagai sebuah pengalaman dan pengetahuan yang baru yang nantinya kita pergunakan hal tersebut, sebagai peluruh untuk melawan mereka sehingga mereka dapat mengerti dan merasakan apa itu kebenaran.
Maka, marilah kita pergunakan pendidikan sebagai alat untuk menciptakan karakter bangsa yang nantinya merasakan Nasionalisme dan Patriolisme dalam masyarakat sehingga terwujudnya kebenaran dalam masyarakat maupun dalam dunia pendidikan.( SA) 

,
Comments
0 Comments

Keberadaan Kabar Mapegaa adalah salah satu media (blog) yang ingin membagi beberapa berita dan opini yang aktual.